Tapak Tilas 4 Tahun Prodia Food Health Laboratory

Tapak Tilas 4 Tahun Prodia Food Health Laboratory - Tapak Tilas 4 Tahun Prodia Food Health Laboratory

Layaknya manusia, pertambahan usia merupakan proses perkembangan kedewasaan. Sebagai bagian dari Prodia Occupational Health Institute (OHI), pertambahan usia Prodia Food Health Laboratory (FHL) juga diharapkan dapat memberikan layanan yang semakin matang, baik kepada masyarakat maupun perusahaan.

Tapak Tilas Prodia Food Health Laboratory

Prodia OHI International, sebuah unit usaha baru dari Prodia yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan kerja dan kedokteran okupasi berdiri pada 2008. Dengan terus mengupayakan aspek kesehatan kerja yang semakin berkembang, Prodia OHI mengembangkan kualitas layanannya dengan memiliki dua klinik kedokteran okupasi yang berlokasi di Jakarta dan Cikarang, serta satu laboratorium kesehatan dan lingkungan kedokteran okupasi yang berlokasi di Jakarta. 

Keberhasilan dalam layanan Prodia OHC Jakarta dan Cikarang serta Prodia Indtox Lab mendorong Prodia OHI untuk mengembangkan layanan lebih lagi. Secara resmi, pada 27 Agustus 2018, Prodia OHI membuka laboratorium yang berlokasi di Bali dengan berfokus pada uji makanan dan bahan pangan, yaitu Prodia FHL. Secara khusus Prodia FHL memiliki bentuk perizinan berupa laboratorium kesehatan masyarakat, seperti pada makanan, minuman, lingkungan, sanitasi hygiene.

Baca Juga:  Pastikan Produk Pangan Bebas dari Bakteri

Kualitas Layanan Prodia Food Health Laboratory
Dr. Bertha Pangaribuan, M.Si., selaku Direktur Prodia OHI menjelaskan bahwa Prodia FHL siap memberikan layanan pemeriksaan makanan dan bahan pangan yang berkualitas. Dua layanan berikut tentunya dapat Kolega Prodia andalkan, yaitu:

  • Pemeriksaan Mikrobiologi, yang dapat mendeteksi keberadaan senyawa E. coli, Coliform, Total Plate Count, Yeast & Moulds, Bacillus, Staphylococcus aureus, Enterobacteriaceae, Salmonella, Listeria monocytogenes
  • Pemeriksaan Kimia, yang dapat mendeteksi kadar bahan tambahan pangan, histamin, logam berat, etanol dan metanol, kafein, serta analisis gizi dalam makanan dan bahan pangan.

Kedua pemeriksaan tersebut didukung oleh tenaga profesional, yaitu analis kesehatan, ahli gizi, farmasi khususnya kimia klinik. 

Peningkatan Layanan Prodia Food Health Laboratory

KAN FHL LP 1668 IDN 2022 - Tapak Tilas 4 Tahun Prodia Food Health Laboratory

Melihat kebutuhan perusahaan yang berkaitan dengan produk pangan untuk mendapatkan pengujian dari laboratorium yang terakreditasi, Prodia FHL terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya. Pada tahun 2020 proses pengajuan untuk akreditasi pengujian mulai dilakukan. Hingga pada Juli 2022 Prodia FHL telah resmi terakreditasi oleh KAN dengan nomor LP-1668-IDN untuk SNI ISO/IEC 17025:2017. Prodia FHL juga rutin mengirimkan hasil uji sampelnya ke Food Analysis Performance Assessment Scheme (FAPAS), yang merupakan lembaga  proficiency testing untuk laboratorium pangan yang diakui internasional. Dengan memiliki ISO/IEC 17025 dan profeciency testing dari FAPAS, Prodia FHL teruji sebagai laboratorium yang secara konsisten memberikan hasil valid dalam pengujiannya. 

Baca Juga:  Apa itu Monkeypox dan Bagaimana Mencegah Penularannya?

Prodia Food Health Laboratory Siap Menemani Perjalanan Pengusaha F&B

Sebagai laboratorium pangan yang mengedepankan aspek-aspek kesehatan dalam pemeriksaan pangan, Prodia FHL siap memberikan layanan pemeriksaan makanan dan bahan pangan bagi usaha F&B dari Kolega Prodia. Peningkatan kualitas layanan ini pun dapat membantu kolega prodia di bidang usaha hotel, restauran, rumah makan, dan juga industri pangan baik skala rumah tangga maupun korporasi.

Keberhasilan yang diraih oleh Prodia OHI maupun Prodia FHL tentunya didukung oleh Kolega Prodia, bantuan para akademisi dan praktisi di bidang kedokteran okupasi, kesehatan kerja dan teknologi pangan yang terus memberikan saran dan masukan untuk perkembangan dan kemajuan layanan. 

Percayakan pemeriksaan makanan dan bahan pangan yang digunakan dalam bisnis Anda, dan wujudkan semangat #KerjaBersamaSehatBersama