Memahami Potensi Asma di Tempat Kerja

023D6044 C53E 48D6 AA13 3B1788A29E9A - Memahami Potensi Asma di Tempat Kerja

Apakah pekerja Anda sering mengalami asma ketika berada di lingkungan kerja? Jika hal ini sering terjadi pada pekerja Anda, terlebih dalam jumlah banyak, maka Kolega Prodia perlu memerhatikan kondisi lingkungan kerja yang mungkin berisiko memiliki pajanan tertentu. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat keterkaitan antara asma di tempat kerja.

 

Mengenal Asma

Asma merupakan penyakit yang memengaruhi paru-paru Anda. Kondisi ini menyebabkan mengi, sesak nafas, sesak dada, dan batuk malam hari atau pagi hari yang terjadi berulang kali. 

Pengendalian kondisi asma dapat dilakukan dengan minum obat dan menghindari pemicu yang dapat menyebabkan serangan. Penderita asma harus menghilangkan pemicu di lingkungan Anda yang dapat memperburuk asma.

 

Asma di Tempat Kerja

Asma terkait pekerjaan merupakan kondisi asma yang dipicu oleh pajanan di tempat kerja. Banyak pemicu asma dapat ditemukan di tempat kerja; bahkan lebih dari 300 zat yang dicurigai terdapat di tempat kerja dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi asma.

Jika kondisi asma semakin memburuk maka Anda patut mempertanyakan zat yang berada di tempat kerja. Gejala asma dapat berkembang segera setelah terpajan zat tersebut, atau dapat berkembang berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah pajanan berulang terhadap zat berbahaya.

Baca Juga:  Pentingnya Kelengkapan Gizi bagi Pekerja

 

NO2 Sebagai Pajanan Berbahaya

Nitrogen Dioksida (NO2) merupakan salah satu dari kelompok gas yang sangat reaktif yang dikenal sebagai oksida nitrogen atau nitrogen oksida (NOx). Oksida nitrogen lainnya termasuk asam nitrat dan asam nitrat. 

NO2 umumnya melebur dalam udara melalui pembakaran bahan bakar, seperti emisi dari mobil, truk dan bus, pembangkit listrik, dan peralatan off-road. NO2 dan NOx lainnya berinteraksi dengan air, oksigen, dan bahan kimia lainnya di atmosfer untuk membentuk hujan asam. Hujan asam merusak ekosistem sensitif seperti danau dan hutan.

Partikel nitrat yang dihasilkan dari NOx membuat udara menjadi kabur dan sulit dilihat sekalipun. Ini mempengaruhi banyak taman nasional yang kita kunjungi untuk pemandangan.

NOx di atmosfer berkontribusi terhadap pencemaran nutrisi di perairan pesisir.

 

NO2 dan Asma di Tempat Kerja

Menghirup udara dengan konsentrasi NO2 yang tinggi dapat mengiritasi saluran pernapasan. Pajanan tersebut dalam waktu singkat dapat memperburuk penyakit pernapasan, terutama asma

Pajanan NO2 yang dengan intensitas yang tinggi dapat berkontribusi pada perkembangan asma dan berpotensi meningkatkan kerentanan terhadap infeksi pernapasan.

Baca Juga:  Hindari Berbagai Penyakit Menular Dimulai Dari Kelola Sampah dengan Benar

 

Mengurangi Pajanan NO2 dan Potensi Asma di Tempat Kerja

Untuk mencegah terjadinya pajanan NO2, Anda dapat melakukan pemeriksaan kondisi kualitas udara pada lingkungan kerjamu. Laboratorium Industrial Toxicology dari Prodia OHI dapat membantu Anda dalam melihat potensi kontaminasi gas yang berbahaya dalam udara di lingkungan kerja. 

Lakukan Pemeriksaan Air Quality bersama Prodia OHI dan cegah terjadinya risiko penyakit gangguan pernapasan lainnya. Selamat mewujudkan semangat #KerjaBersamaSehatBersama Kolega Prodia di tempat kerjamu!

 

Sumber: t.ly/gJ-C t.ly/56zm t.ly/_kW0 t.ly/j5hL