Sibuk Kerja, Kurang Gerak? Waspadai Masalah Sirkulasi Darah!

Memiliki sirkulasi darah yang baik, tentu berdampak baik bagi kondisi kesehatan Kolega Prodia, kita terhindar dari banyak penyakit. Faktanya, tubuh kita menampung sekitar 60.000 mil pembuluh darah di mana mereka membentuk sistem peredaran darah. Ketika sirkulasi darah menjadi buruk, maka dampaknya memperlambat atau menghalangi aliran darah dan sel-sel dalam tubuh tidak bisa mendapatkan semua oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan.

Kolega Prodia dapat mewaspadai ciri-ciri berikut, sebagai tanda bahwa ada kemungkinan anggota tubuh kita tidak mendapatkan cukup darah: 

  1. Tangan atau kaki mungkin terasa dingin atau mati rasa; 
  2. Jika Anda berkulit terang, kaki Anda mungkin akan berwarna biru ketika kekurangan darah;
  3. Kulit kering, kuku rapuh, dan rambut rontok. 
  4. Pada beberapa pria, sulit mendapatkan atau mempertahankan ereksi. 
  5. Jika Anda menderita diabetes, goresan, luka, atau luka akan cenderung sembuh lebih lambat.

Untuk menghindari terjadinya berbagai penyakit yang disebabkan oleh peredarah darah yang kurang baik, Kolega Prodia dapat mengubah gaya hidup. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukannya adalah:

  1. Kurangi atau hentikan konsumsi tembakau, baik secara aktif maupun pasif. Nikotin adalah zat aktif dalam rokok, rokok elektronik, dan tembakau tanpa asap. Zat ini merusak dinding arteri dan mengentalkan darah begitu banyak, sehingga tidak bisa melewatinya. Jika Kolega Prodia ingin berhenti merokok, datanglah kepada petugas kesehatan atau dokter untuk mendapatkan bantuan.
  2. Kendalikan tekanan darah. Jika terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan aterosklerosis, suatu kondisi yang mengeraskan arteri Anda dan dapat membantu menghambat aliran darah. Lakukan cek tensi setidaknya sebulan sekali.
  3. Minumlah dengan cukup. Komposisi dari darah sebagian besar adalah air. Maa kita harus tetap terhidrasi agar tetap bergerak dengan minum 8 gelas air sehari. Jika kita sedang berolahraga atau kondisi cuaca panas.
  4. Sesekali bekerjalah dengan berdiri bagi Kolega Prodia yang kerap bekerja di meja kerja. Duduk berjam-jam tidak baik untuk sirkulasi serta punggung di mana dapat melemahkan otot-otot kaki dan memperlambat aliran darah di kaki sehingga dapat menyebabkan penggumpalan darah. Kolega Prodia dapat mempertimbangkan meja berdiri sebagai gantinya.
  5. Olahraga yoga, di mana Yoga merupakan latihan berdampak rendah yang dapat melancarkan aliran darah.Beberapa gerakan yoga dapat berdampak baik, seperti menarik nafas dalam-dalam yang dapat membawa oksigen ke sel-sel darah, gerakan memutar yang dapat mengalirkan darah ke organ tubuh, maupun posisi terbalik yang dapat mengalirkan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung dan otak.
  6. Makan lebih banyak sayu dan buah serta kurangi porsi daging. Jauhi lemak jenuh yang dapat ditemukan pada daging merah, ayam, keju, dan sumber hewani lainnya. Hindari terlalu banyak garam. Itu akan membantu menjaga berat badan kita dalam kisaran yang sehat dan kolesterol serta tekanan darah terkendali — dan arteri kita bersih.
  7. Sikat tubuh saat mandi. Ambil sikat tubuh dengan bulu kaku dan rata dan sapukan pada kulit kering kita. Mulailah dengan kaki dan naik ke atas, lalu gerakan memanjang pada kaki dan lengan. Buat gerakan melingkar di perut dan punggung bawah. Lakukan setiap hari, tepat sebelum mandi.
  8. Mandi dengan air hangat. Air hangat membuat arteri dan vena terbuka sedikit lebih lebar, membiarkan lebih banyak darah mengalir. 

Dengan melakukan tips di atas, Kolega Prodia dapat memperlancar aliran darah dan meminimalisir terjadinya berbagai penyakit. Dengan mengubah pola hidup lebih sehat, maka semangat #KerjaBersamaSehatBersama dapat kita wujudkan dan pertahankan.

Sumber: t.ly/vKSd