Kembali Seimbangkan Aspek Kerja dan Keluarga Yuk

1 1 - Kembali Seimbangkan Aspek Kerja dan Keluarga Yuk

Ketidakseimbangan pekerjaan dan kehidupan keluarga adalah salah satu sumber stres yang kerap terjadi pada pekerja. Apakah Kolega Prodia juga mengalaminya? Dalam pola hidup masyarakat yang didorong oleh berproduktivitas tinggi, semakin banyak orang yang merasa sulit untuk memenuhi peran mereka secara memadai baik di rumah maupun di tempat kerja. 

Bukan hal yang mudah untuk menemukan titik keseimbangan antara karier dan keluarga, tetapi bukan berarti mustahil. Kolega Prodia bisa mengusahakan keseimbangan aspek karier dan keluarga dengan keluarga dengan tips berikut:

  1. Jadikan keseimbangan sebagai prioritas.

Mencapai keseimbangan kehidupan karier dan keluarga adalah proses yang panjang dan butuh perjuangan. Maka Kolega Prodia perlu memulai saat ini dan andaikata sempat mengalami gagal di salah satu aspek (baik keluarga atau pekerjaan), jangan merasa mudah putus asa, tetapi perjuangkan lagi untuk menyeimbangkan.

  1. Ciptakan komunikasi yang terbuka.

Stop berpikir bahwa perspektif kita yang paling benar dalam keluarga. Setiap anggota keluarga mungkin memiliki cara pandangnya masing-masing merespons permasalahan. Dengan adanya pola komunikasi yang terbuka, maka Kolega Prodia mungkin dapat memahami kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Melalui komunikasi yang baik, kita dapat memberikan pemahaman tentang kewajiban dan tanggung jawab di tempat kerja.

  1. Jangan ragu meminta bantuan orang yang kita percaya.
Baca Juga:  Prosedur, Manfaat & Jenis Medical Check Up (MCU)

Kadang saat sibuk di pekerjaan, bisa saja keperluan mendadak di keluarga terjadi, seperti anak yang sakit. Hal sebaliknya, ketika kita sedang dalam berwisata dengan keluarga, mungkin juga klien atau atasan memberikan pekerjaan secara mendadak. Solusi yang mungkin dapat dilakukan adalah Kolega Prodia meminta bantuan orang yang kita percaya. Mintalah rekan kerja yang kita percaya untuk back-up pekerjaan jika terjadi situasi darurat. Begitupun jika terjadi situasi darurat terkait keluarga, mintalah anggota keluarga atau rekan yang kita percaya untuk membantu di situasi darurat.

  1. Tetapkan Batas Antara Pekerjaan dan Keluarga

Tentukan tindakan mana yang dapat diterima dan tidak dapat diterima, berikan batasan untuk melindungi pekerjaan kita dari gangguan keluarga, serta untuk melindungi keluarga kita dari terintrusi kewajiban di tempat kerja. Dengan batasan yang jelas, Kolega Prodia akan lebih mudah membuat keputusan pada beberapa keadaan darurat sehingga tindakan kita tidak terus-menerus berpihak hanya pada satu aspek tertentu.

  1. Ketidakseimbangan kadang mungkin terjadi.

Akan ada waktunya, Kolega Prodia akhirnya harus lebih memilih antara pekerjaan atau keluarga. Cukup mustahil untuk membuat semua aspek dalam kehidupan menjadi seimbang dalam sepanjang usia kita. Tetapi yang paling penting adalah Kolega Prodia tidak membiarkan ketidakseimbangan terjadi terus-menerus.

Baca Juga:  World Water Day!

Pada dasarnya, keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga terjadi ketika Kolega Prodia mampu memenuhi komitmen keluarga dan melaksanakan tanggung jawab secara memadai di tempat kerja. Tidak ada yang salah dengan bekerja keras untuk maju, tetapi jangan lupakan nilai kehidupanmu dan orang-orang yang paling dekat di hatimu.

Sumber: http://t.ly/44JO