WFO di Tengah Gelombaang Omicron: Panduan untuk Pengelola Kantor

WFO di Tengah Gelombaang Omicron Panduan untuk Pengelola Kantor - WFO di Tengah Gelombaang Omicron: Panduan untuk Pengelola Kantor

Kolega Prodia, seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia berada di musim puncak dari virus Covid19 varian Omicron. Pandemi merebak, hidup harus terus berjalan – berbeda dengan gelombang-gelombang lalu, kini aktivitas bekerja WFO alias Work From Office masih cukup umum dilakukan. Sebagai penanggung jawab di tempat kerja, tentu Kolega Prodia turut berperan mengawal keselamatan karyawan dan menegakkan protokol kesehatan.  Apa saja yang harus kita lakukan?

Pemerintah Indonesia telah mengimbau kepada pimpinan perusahaan, terutama dari sektor non-esensial, untuk mempertimbangkan opsi work from home (WFH) dan tidak menerapkan 100 persen work from office (WFO) di tengah meningkatnya kasus varian Omicron di Indonesia.

Bagaimana seharusnya kita menyikapi perkembangan situasi ini? Tentu saja kita harus berpegang pada prinsip bahwa melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keterlibatan karyawan adalah prioritas utama.

  • Jika kantor pusat atau cabang Anda belum memiliki kode QR PeduliLindungi, jangan tunda lagi, sekaranglah saatnya! Kirim surat permohonan kepada Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui email: registration.qrpl@kemkes.go.id (surat wajib menyertakan informasi nomor telepon, nama PIC untuk masing-masing tempat/bangunan, alamat email, kategori kegiatan, nama tempat/bangunan, kota dan provinsi). Setelah itu, Anda akan menerima instruksi pencetakan QR Code melalui email balasan dari Kementerian Kesehatan.
  • Dari sudut pandang strategis, sangat penting untuk membentuk satuan tugas Covid19 di tempat kerja. Tujuan mereka tidak hanya untuk mengawasi kesehatan dan keselamatan karyawan selama musim Omicron, tetapi juga untuk memastikan peran aktif perusahan bagi karyawan yang terlanjur terjangkit. Edukasi mereka akan hak-hak medisnya, dan berikan perhatian yang simpatik hingga proses pemulihan.
  • Bagaimana jika kasus penularan sudah terjadi di kantor? Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Indonesia Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, penutupan kantor selama lima hari sudah cukup untuk protokol disinfeksi dan karantina bagi seluruh pegawai yang kontak dekat dengan pasien.
Baca Juga:  Food Safety dalam Industri F&B

Prodia OHC tentu dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya penularan dan menekan kemungkinan terjadinya peningkatan angka kasus Covid-19. Anda dan perusahaan Anda dapat melakukan pemeriksaan Covid-19 baik secara berkala maupun ketika terdapat pekerja yang mengalami gejala atau melakukan kontak dengan orang yang positif bersama Prodia OHC. Anda dapat menghubungi kontak atau hadir di kantor kami, baik di Menara Palma maupun di Jababeka dengan keterangan di bawah ini:

Menara Palma - WFO di Tengah Gelombaang Omicron: Panduan untuk Pengelola Kantor                    Jababeka - WFO di Tengah Gelombaang Omicron: Panduan untuk Pengelola Kantor

Tunjukkan kesiapan Anda agar karyawan bisa merasa lebih tenang dalam bekerja. Mari kita lewati musim yang tidak menentu ini dengan atensi yang baik pada kesehatan, agar kita bisa #KerjaBersamaSehatBersama. 

 

Sumber: 

t.ly/cIAwd t.ly/GKFu