Hidup Sehat ala Leluhur, Apakah Cukup?

Hidup Sehat ala Leluhur Apakah Cukup - Hidup Sehat ala Leluhur, Apakah Cukup?

Ketika pertemuan keluarga besar terjadi, pasti pertanyaan yang kerap disampaikan kepada sesepuh adalah “Gimana sih tipsnya bisa berumur panjang dan sehat?” Sebagian besar dari para sesepuh tentu akan menyampaikan pentingnya gaya hidup sehat yang banyak diterapkan oleh masyarakat Asia Timur (terlebih tradisi China) dan tindakan medis masa kini mungkin jarang diprioritaskan. Hal tersebut wajar, karena teknologi dan ilmu mengenai kedokteran terus menerus berkembang. Daripada mempertentangkan kedua aspek tersebut, kita bisa melengkapi gaya hidup sehat ala sesepuh kita dengan tindakan preventif dalam dunia medis modern dalam mencegah terjadi kondisi sakit.

 

Gaya hidup sehat ala tradisi China

John Day, MD, ahli jantung dari Intermountain Healthcare di Murray, Utah tertarik melakukan riset terhadap masyarakat dari Bapan Village Cina, di mana banyak yang umurnya di atas 100 tahun. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, diketahui beberapa gaya hidup tradisional yang membuat masyarakat setempat berumur panjang.

  1. Pilihlah hidungan pembuka yang kaya akan vitamin, serat dan fitokimia seperti sayur kubis, sawi, bayam, dan brokoli. Konsumsi biji-bijian juga berdampak baik bagi kesehatan jantung.
  2. Konsumsi daging secukupnya, terlebih jenis daging unggas dan ikan dengan takaran seperempat hingga setengah pon, sehingga menguatkan tulang dan sendi.
  3. Bergeraklah secara aktif, setidaknya 15 menit setiap hari agar, di mana hal ini dapat mengurangi risiko stroke, jantung koroner, kolesterol, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya.
  4. Jagalah relasi sosial dengan baik, di mana dukungan sosial sangat bermanfaat bagi psikis dan secara tidak langsung memiliki manfaat kesehatan fisik juga.
Baca Juga:  Hindari Penyakit Ginjal Kronis dengan Gaya Hidup Anda

 

Tantangan Gaya Hidup Masa Kini

Pola hidup yang diterapkan oleh penduduk Bapan Village di atas secara ilmiah memang terbukti baik dan mungkin juga diterapkan oleh sesepuh kita. Namun dengan perkembangan zaman, pola hidup pun juga mungkin berubah. Bekerja di belakang meja, sering menikmati waktu istirahat dengan berbaring dan mengoperasikan gadget, sehingga membuat kita tidak banyak bergerak atau tidak aktif, hal inilah yang disebut sedentary lifestyle.

Gaya hidup masa kini yang jarang bergerak dapat mengakibatkan:

  • Pembakaran kalori lebih sedikit yang berlanjut dengan pertambahan berat badan;
  • Tubuh berpotensi mengalami peradangan;
  • Ketidakseimbangan hormon;
  • Kekuatan dan daya tahan otot berkurang, karena otot jarang digunakan;
  • Kekuatan tulang menjadi lebih lemah dan kehilangan karena beberapa kandungan mineral;
  • Sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik;
  • Metabolisme tubuh terpengaruh, dan tubuh lebih sulit memecah lemak dan gula;
  • Sirkulasi peredaran darah menjadi lebih buruk.

 

Ingin Sehat, Caranya…

Tentu dengan gaya hidup. Kita dapat menerapkan kembali pola hidup tradisional ala Asia Timur. Untuk tindakan preventif lainnya, kita dapat melakukan pemeriksaan secara berkala, yaitu dengan tes gula darah. Kadar gula darah atau juga dikenal sebagai kadar glukosa darah, adalah pengukuran yang menunjukkan berapa banyak glukosa yang ada dalam darah kita. Glukosa adalah gula yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman. Kadar gula darah dapat naik dan turun sepanjang hari dan akan jauh lebih signifikan jumlahnya bagi penderita diabetes.

Baca Juga:  Mengenal Bahaya Bacillus cereus Bagi Kesehatan Anda

Dengan melakukan pengecekan tes gula darah, kita akan mendapatkan informasi yang berguna untuk mangelola potensi diabetes. Tes gula darah membantu kita untuk:

  1. Memantau efek obat diabetes pada kadar gula darah;
  2. Mengidentifikasi kadar gula darah yang tinggi atau rendah;
  3. Melacak kemajuan dalam mencapai tujuan perawatan tubuh secara keseluruhan;
  4. Mempelajari pola diet dan olahraga yang memengaruhi kadar gula darah;
  5. Memahami berbagai faktor lain, seperti penyakit atau stres, memengaruhi kadar gula darah.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil gula darah yang akurat, maka mercayakan pada Prodia OHC. Layanan kesehatan kerja Prodia OHC dilakukan secara ‘one stop service’ serta bersifat holistik, komprehensif, dan ‘customized’ terhadap kebutuhan perusahaan Anda dan setiap pekerja. Melalui layanan kesehatan ini, Anda dapat melakukan tes gula darah HbA1c dan HbsAg untuk screening kondisi gula darah Anda. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan medis lainnya.

Mari kita hidup sehat dengan menggabungkan tips hidup sehat ala leluhur kita dan juga melakukan tindakan prefentif dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Bersama Prodia kita akan selalu #KerjaBersamaSehatBersama .

Baca Juga:  Kanker Serviks

 

Sumber: t.ly/sqND t.ly/OLfu t.ly/KYCe