Pilah-pilih Vaksin? Yakin?!

Kolega Prodia pilih-pilih vaksin? Nunggu vaksin jenis tertentu, tapi kok belum mendapatkan jalurnya. Apakah ada jenis vaksin tertentu yang lebih unggul?

Hingga bulan September 2021 ini, terdapat 6 jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia, yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Novavax. Badan POM Indonesia juga telah memberikan izin penggunaan darurat kepada 5 jenis vaksin selain Novavax. 

WHO menyampaikan bahwa semua vaksin yang telah disetujui, telah terbukti aman dan efektif dalam melindungi penerimanya terhadap sakit berat hingga kematian yang ditimbulkan oleh COVID-19.

Hal serupa disampaikan oleh Dr. Leana Wen, dokter UGD dan profesor tamu terkait kebijakan dan manajemen kesehatan di  George Washington University Milken Institute School of Public Health. Wen menyampaikan bahwa mereka belum memiliki informasi ini, baik Food and Drug Administration (FDA) maupun Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS juga belum membuat rekomendasi pada jenis vaksin tertentu. Hal terpenting sekarang adalah jangan menunggu dan dapatkan vaksin yang dapat diakses terlebih dahulu.

Gunakan kesempatan vaksin yang ditawarkan karena jenis-jenis vaksin tersebut aman dan efektif. Pahami bahwa kesempatan yang ada dibatasi oleh jumlah pasokan. Kebanyakan orang tidak akan punya pilihan. Mungkin saja klinik kantor Anda, puskesmas atau tempat vaksinasi massal lainnya hanya memiliki satu jenis vaksin. Jika vaksin jenis tersebut yang dapat diakses, maka gunakan kesempatan tersebut daripada menunggu untuk jangka waktu yang tidak diketahui untuk vaksin lain.

Adapun vaksin Merah Putih yang diinisiasi oleh Pemerintah dan dikembangkan oleh Unair ditargetkan dapat diproduksi pada 2022. Saat ini, vaksin Merah Putih masih dalam proses uji praklinik. Jadi, jika Kolega Prodia dapat mengakses vaksin dalam jangka waktu dekat, gunakan kesempatan tersebut dan tetap dukung kinerja anak bangsa dalam mengembangkan vaksin Merah Putih.

Yuk, pastikan seluruh rekan kerja dan juga Anda telah divaksin. Kolega Prodia dapat mendaftarkan perusahaan Anda di vaksin.kadin.id dan hubungi kami untuk mendapatkan layanan penyuntikan. Tetap patuhi juga protokol kesehatan agar dapat #KerjaBersamaSehatBersama

 

Sumber: https://bit.ly/3kcNIDu https://bit.ly/37W7f5l dan https://cnn.it/3D4yPvR