Takut Libur Bikin Badan Jadi Lebar? Ikuti Tips Berikut

Tips Liburan

Liburan akhir tahun sudah di depan mata, bagaimana rencana Kolega Prodia untuk menikmatinya? Tentu liburan di akhir tahun menawarkan berbagai jajanan menarik, kegiatan perayaan maupun pesta dengan banyak makanan. Namun, Kolega Prodia tidak ingin kan masuk kerja dengan ukuran badan yang melebar, berat yang bertambah, atau bahkan kondisi badan yang justru tidak fit. Maka tips berikut perlu Anda lakukan agar bisa menikmati liburan dengan sehat.

    1. Aktif bergerak bersama keluarga atau teman. Berlibur jangan sampai Anda isi hanya dengan duduk di sofa lalu menonton selama berjam-jam. Pasif bergerak dan sedentary lifestyle dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, terutama jika disertai dengan makan berlebihan. Atur liburan Anda untuk melakukan beberapa jenis aktivitas fisik dengan keluarga atau teman, seperti berjalan-jalan di taman kota, atau olahraga bersama di fasilitas kebugaran.
    2. Pilah-pilih dan batasi camilan Anda. Saat camilan berada di dekat kita, tentu sulit untuk menolaknya, maka jauhkan camilan dari jangkauan Anda. Kalaupun Anda ingin ngemil jadikan camilan sebagai penahan rasa lapar karena makanan berat yang belum tersedia. Pilihlah juga camilan yang sehat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang tidak mengandung tambahan gula sehingga mengurangi risiko penambahan berat badan.
    3. Perhatikan ukuran porsi makanmu. Makan dengan porsi lebih besar cenderung lebih mudah meningkatkan berat badan. Kontrol porsi makan Anda atau gunakan piring yang lebih kecil.
    4. Makanlah secara mindful. Sebuah riset menyampaikan bahwa orang yang makan sembari melakukan kegiatan lain cenderung makan berlebihan. Oleh sebab itu makanlah dengan mindful dan minimalkan gangguan termasuk pekerjaan dan elektronik. Cobalah untuk mengunyah makanan secara perlahan sehingga Anda mengenali tanda tubuh bahwa Anda sudah cukup kenyang.
    5. Kendalikan tingkat stres. Bagi sebagian orang, tuntutan yang dialami selama akhir tahun dapat membuat stres dan berpotensi meningkatkan kadar kortisol. Jika hormon berada di tingkat kronis, maka dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kendalikan kondisi stres dengan berbagai kegiatan, seperti olahraga, meditasi, yoga, atau mengatur pernapasan.
    6. Jaga agar makanan seimbang dengan protein. Menu makan saat berlibur biasanya kaya akan karbohidrat tetapi rendah protein. Menambahkan menu dengan protein akan meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.
    7. Batasi minuman berkalori. Minuman seperti alkohol, soda, dan minuman kaya kalori lainnya mengandung banyak gula dan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kontrol berat badan Anda dengan membatasi asupan minuman berkalori tinggi.
Baca Juga:  Bentuk Komunitas Kerja Yang Sehat Bersama Beragam Layanan Prodia OHI

Selamat menyambut liburan akhir tahun. Semoga Kolega Prodia dapat menikmati liburan dengan kondisi tetap sehat, sehingga dapat kembali #KerjaBersamaSehatBersama rekan-rekan lainnya.

Sumber: t.ly/TiW8