Prodia Food Health Laboratory (Bali) Resmi Tersertifikasi ISO 9001 : 2015

Prodia Occupational Health International baru saja merayakan Hari Ulang Tahun pada tanggal 21 Juni yang lalu. Di usianya yang ke-11 ini kami terus berbenah untuk menghadirkan layanan kesehatan kerja yang terbaik, terbesar, terdepan dan terkemuka. Untuk mewujudkannya Prodia OHI selalu memastikan seluruh layanan telah memenuhi standar kualitas yang ada. Salah satu upaya yang kami lakukan di tahun ini adalah kami mengupgrade sistem manajemen mutu ISO 9001 ke versi terbarunya tahun 2015.

Semangat memberikan layanan terbaik ini juga kami pupuk sejak awal pada unit layanan terbaru kami Prodia Food Health Laboratory (Prodia FHL) yang baru saja diresmikan pada Agustus 2018 yang lalu. Prodia FHL telah mengikuti audit ISO 9001: 2015 pada tanggal 28 & 29 Mei 2019 dan dinyatakan lulus. Dengan sertifikasi ini membuktikan bahwa Prodia FHL telah menjalankan sistem manajamen mutu yang baik yang diakui oleh lembaga akreditasi dan siap memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

Selain audit ISO 9001, Prodia FHL juga telah mengikuti uji profisiensi untuk pemeriksaan mikrobiologi dari FAPAS, UK. Uji profisiensi merupakan salah satu metode untuk menunjukkan kompetensi dan kinerja suatu laboratorium. Bahan uji yang digunakan merupakan sampel makanan asli yang mengandung organisme target seperti sampel pangan pada umumnya. Hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan dikirim kembali ke FAPAS bersama dengan hasil dari laboratorium lain di seluruh dunia yang mengikuti uji profisiensi ini untuk dibandingkan dengan “kunci jawaban” yang dimiliki FAPAS.

Sejak awal tahun 2019 Prodia FHL telah melakukan 3 uji profisiensi yaitu untuk item Coliform & Escherichia coli pada air minum, Salmonella pada daging ayam, dan kapang khamir pada tepung. Ketiganya berhasil lulus dan memenuhi standar FAPAS. Kedepannya Prodia FHL juga akan melakukan uji serupa untuk parameter lain sesuai jadwal. Semoga dengan hasil tersebut masyarakat semakin yakin untuk mempercayakan pemeriksaan pangan pada Prodia Food Health Laboratory.