Napak Tilas Hari Dokter Nasional dan Peran Prodia OHI Dalam Dunia Kesehatan

Hari Dokter Nasional pertama kali ditetapkan pada 24 Oktober 1994. Hal ini terselenggara dalam event  Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Ujungpandang pada 22-27 Oktober 1994. 

Penetapan Hari Dokter Nasional terinspirasi dari pendirian organisasi IDI sebagai organisasi profesi kedokteran yang para pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia dan tak ada lagi dokter asingnya (Belanda), tepat pada 24 Oktober 1950.

Penetapan Hari Dokter Nasional juga didasari latar belakang sejarah di mana para dokter telah mencetak prestasi dalam kurun waktu penjajahan, kemerdekaan, era pembangunan serta era reformasi. Hari Dokter Nasional menjadi saran mengingat bahwa profesi dokter adalah profesi mulia dan perlu tetap menjaga tradisi kemuliaan dengan tidak jatuh dalam moralitas yang buruk.

Melihat perkembangan keilmuan, maka bidang kesehatan kerja juga menjadi kebutuhan di masyarakat dalam meningkatkan dan mempertahankan kesejahteraan fisik, mental dan sosial pekerja di semua pekerjaan. Prodia OHI sebagai sister company dari Prodia Widyahusada yang berfokus pada layanan pemeriksaan kesehatan berbasis Kedokteran Okupasi berkomitmen untuk memberikan kualitas hasil pemeriksaan yang terbaik dan terpercaya. Tiga cakupan layanan yang diberikan Prodia OHI berupa, Occupational Health Center yang membantu melakukan pemeriksaan kepada pegawai secara sistematis dan lengkap, Industrial Toxicology Laboratory yang memeriksa risiko yang terjadi akibat pajanan bahaya potensi area kerja serta Food Health Laboratory yang memeriksa berbagai hal dalam industri yang bersinggungan dengan bahan pangan atau makanan.

Selamat memperingati Hari Dokter Nasional 24 Oktober 2021 dan percayakan kesehatan pegawai dan tempat kerja Anda bersama Prodia OHI agar selalu #KerjaBersamaSehatBersama .

Sumber: t.ly/rH5T