Waspada, Banyak Negara Memiliki Demografi Kasus Covid-19 yang Sangat Dinamis

Kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sedang berada dalam tren yang baik dan mengalami penurunan. Tercatat pada 6 November terdapat kasus baru sejumlah 401 dan rata-rata selama 7 hari ke belakang sekitar 555 kasus.

 

 

Namun kita tidak boleh lengah. Tris Yunis Miko, Epidemiolog Universitas Indonesia, memprediksi akan ancaman dari third wave pandemic di Indonesia pada akhir tahun 2021. Miko menjelaskan, prediksi ini akan terjadi apabila target vaksinasi Covid-19 di Indonesia belum mencapai 50 persen secara merata di Indonesia pada akhir tahun 2021. Hal ini juga didukung dengan banyak pelonggaran aktivitas di masa PPKM, lambatnya penelusuran kontak, dan rendahnya pengawasan saat pasien Covid-19 isolasi mandiri.

Beberapa negara lain pun juga memiliki tren demografi kasus Covid-19 yang sangat dinamis. Pada akhir Agustus 2021 lalu, sempat terjadi penurunan kasus Covid-19 secara global. Namun dalam catatan WHO, pada pekan terakhir Oktober 2021 terjadi kenaikan 3% kasus baru COVID-19, atau sejumlah 3,02 juta kasus baru. Pada pekan pertama November 2021 pun tercatat dalam demografi berikut:

 

Dr. Jamila Taylor, direktur dari healthcare reform dan bagian dari The Century Foundation mengungkapkan bahwa “Kasus Covid-19 tidak dapat diprediksi. Namun, diharapkan terjadi tren penurunan kasus dan rawat inap per hari. Walaupun kasus mengalami tren penurunan, tetap penting untuk melakukan vaksinasi, memakai masker, mempraktikkan kebersihan yang baik.”

Senada dengan Taylor, pemerintah Indonesia telah menyiapkan enam strategi untuk mengantisipasi adanya kemungkinan mobilitas tinggi dan peningkatan kasus aktif Covid-19 yang dapat menjadi potensi third wave pandemic, yaitu:

  1. Memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat, agar masyarakat tidak menyikapi penurunan level PPKM dengan euforia yang berlebihan.
  2. Meningkatkan laju vaksinasi untuk kelompok lanjut usia, terutama di wilayah aglomerasi dan pusat pertumbuhan ekonomi.
  3. Mendorong percepatan vaksinasi anak agar imunitas anak sudah terbentuk ketika musim libur tiba.
  4. Menertibkan mobilitas pelaku perjalanan internasional dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, terutama ke Bali.
  5. Memperkuat peran pemerintah daerah dalam mengawasi kegiatan dan mengedukasi warga, terutama tentang rincian protokol kesehatan yang harus dijalankan.
  6. Mengampanyekan protokol kesehatan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat.

Mari kita tetap waspada akan datangnya gelombang ketiga pandemi dengan turut serta melakukan enam strategi di atas. Kampanyekan juga kepada pegawai tempat Anda bekerja untuk melakukan vaksinasi dan tetap melaksanakan protokol kesehatan agar dapat #KerjaBersamaSehatBersama.

 

Sumber: t.ly/4Bjj t.ly/OOWH