Prodia OHI Ajak Masyarakat Peduli pada Keamanan dan Kualitas Air

PPT Webinar 3 10 Agust 2023 3 - Prodia OHI Ajak Masyarakat Peduli pada Keamanan dan Kualitas Air

Prodia Occupational Health Indonesia (Prodia OHI) merupakan penyedia jasa layanan kesehatan yang berfokus pada kesehatan kerja, lingkungan kerja, dan keamanan pangan. Prodia OHI berkomitmen untuk berperan aktif dalam upaya promotif dan preventif dengan menyediakan akses informasi kesehatan yang relevan bagi peningkatan kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, Prodia OHI menyelenggarakan webinar series POHI PROVEN bagian ketiga pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 melalui media daring melanjutkan webinar bagian pertama dan kedua yang mengusung tema “Deteksi Dini dan Pencegahan Penyakit Infeksi pada Pekerja” dan “Dispepsia pada Pekerja – things we should know” pada bulan Juli 2023.

Webinar bagian ketiga mengambil tema “Water Safety & Quality for Our Health”. “Pemilihan tema ini bukan tanpa alasan, karena Prodia OHI melihat demikian besarnya peran air bagi kelangsungan kehidupan manusia. Keamanan dan kualitas air yang kita gunakan dan dikonsumsi tentu sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga oleh semua pihak.” ungkap Ibu Marissa Apriyeni selaku Manager Prodia Food Health Laboratory dalam sambutannya.

Hadir sebagai pembicara webinar Bapak I Made Partiana, SKM, M.Si selaku Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli Madya dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali; Prof. Dr. Ir. I Nengah Kencana Putra, MS Ahli Teknologi Pangan dari Fakultas Teknologi Pertanian – Universitas Udayana dan Prof. Drs. Bambang Wispriyono, Apt., Ph.D, dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia yang masing-masing merupakan pakar dalam bidangnya.

Baca Juga:  NAPAK TILAS 13 TAHUN PRODIA OHI BERKARYA Sebuah Dialog Bersama Dr. Bertha Pangaribuan, M.Si Direktur PT. Prodia OHI International

Desain tanpa judul 2 - Prodia OHI Ajak Masyarakat Peduli pada Keamanan dan Kualitas Air

Prof. Bambang Wispriyono dalam paparannya menyampaikan akses air minum yang aman di Indonesia masih dibawah 20% dan menjadi tugas kita bersama untuk meningkatkan hal tersebut. Prof. Bambang juga mengajak masyarakat untuk senantiasa bijak dalam pengelolaan dan penggunaan air: “Sebagai pribadi yang menggunakan air harus ramah lingkungan dengan cara menjaga konservasi & pelestarian lingkungan, sayang kepada diri sendiri dan keluarga dengan tidak mengonsumsi air yang mengandung cemaran dan sebagai provider yang menyediakan dan mengolah air, hendaknya menjadi provider menyediakan air yang aman bagi masyarakat.”

Bapak I Made Partiana, SKM, M.Si sebagai perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga menyampaikan peran pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan yang selalu berkomitmen menjaga kesehatan masyarakat dengan mengadakan uji petik secara berkala dalam rangka memastikan kualitas air yang digunakan masyarakat, terkhusus bagi pelaku usaha dan industri wisata di Bali, telah memenuhi syarat kesehatan dan aman dari cemaran.

Prof. Nengah Kencana dalam pemaparannya menyampaikan, kualitas air yang digunakan dalam pengolahan produk makanan, baik dalam proses pencucian bahan makanan, sebagai bahan baku maupun air yang digunakan dalam proses memasak seperti merebus makanan harus memiliki kualitas yang baik dan aman setara dengan kualitas air minum sehingga produk makanan yang dihasilkan aman apabila dikonsumsi masyarakat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga:  Kalau Sudah Divaksin, Boleh Hidup Bebas Kah?

Prodia Food Health Laboratory Bali adalah salah satu unit layanan dari Prodia OHI yang memberikan layanan laboratorium kesehatan masyarakat dengan berfokus pada keamanan pangan termasuk didalamnya keamanan dan kualitas air. Pada tahun 2022 yang lalu, Prodia FHL telah diakui sebagai salah satu laboratorium penguji yang terakreditasi ISO 17025.

“Harapan kami, Prodia FHL dapat menjadi pusat laboratorium keamanan pangan yang dapat mendukung kegiatan di industri F&B, pariwisata dan FMCG serta bidang usaha lain seperti perkantoran, perumahan, kantin/catering, UMKM dan masyarakat umum yang membutuhkan pengujian makanan dan air di Indonesia terkhususnya di wilayah Indonesia Timur.” Ibu Marissa menyampaikan harapannya

Prodia FHL yang berlokasi di Jl. Danau Buyan No. 10, Sanur  memiliki layanan unggulan berupa uji mikrobiologi, kimia untuk kualitas pangan dan air serta uji nilai gizi. Uji mikrobiologi diantaranya terdiri dari pemeriksaan E. coli, Coliform, Staphylococcus aureus, Enterobacteriaceae, Salmonella, dan Listeria monocytogenes. Uji kimia dilakukan untuk mendeteksi kadar bahan kimia seperti logam berat dan cemaran kimia lainnya yang kadarnya diatur dalam regulasi pemerintah. Khusus untuk pengujian kualitas air bersih & minum, Prodia FHL memberikan promo khusus keringanan biaya 17% mulia tanggal 14 Agustus hingga 30 September 2023.