Peran Perusahaan Menghadapi Tantangan Tuberkulosis

Pentingnya Peran Perusahaan Menghadapi Tantangan Tuberkulosis

Salah satu penyakit yang masih menjadi masalah global dan tercatat mematikan adalah tuberkulosis atau dikenal dengan TBC. Penyakit ini termasuk dalam penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyebar melalui udara saat seseorang yang terinfeksi bersin, batuk dan berbicara. Tidak semua orang yang terinfeksi akan menjadi sakit atau dapat menyebarkan bakteri ke orang lain, melainkan bisa saja terkena Tuberkulosis Laten (LTBI). Singkatnya pengidap LTBI mempunyai bakteri TBC namun tidak memiliki tanda penyakit aktif. Tapi pengidap LTBI perlu pengobatan untuk mencegah penyakit TBC. 

Kesulitan dari kita yakni mengetahui apakah seseorang mengidap penyakit TBC atau tidak, sehingga kemungkinan tertular sulit diprediksi. Secara umum TBC memengaruhi paru-paru,  tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain,  seperti otak, ginjal dan tulang belakang. Dampak dari penyakit ini cukup besar hingga bisa mengancam nyawa seseorang. 

 

Perusahaan Perlu Memperhatikan Risiko Penyakit Tuberkulosis?

Mengapa perusahaan Anda perlu memiliki concern terkait TBC. Ada beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu:

  1. Apabila seorang pekerja terinfeksi TBC aktif, maka pekerja tersebut akan absen dan membutuhkan waktu yang panjang untuk beristirahat. Kondisi tersebut secara langsung memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan dari pekerja.  
  2. Dalam satu perusahaan memiliki beberapa bahkan banyak pekerja yang saling berinteraksi satu dan lain, jadi kemungkinan penyebaran dapat terjadi apabila salah satu pekerja terinfeksi dengan kondisi orang tersebut dapat menyebarkan. Sama halnya dengan poin satu, secara langsung produktivitas akan semakin terganggu apalagi terjadinya peningkatan absen pada pekerja. 
  3. Mencegah kerugian finansial dan waktu di masa yang akan datang
  4. Perusahaan memerhatikan kesehatan dan kesejahteraan kerja dari pekerja 
  5. Peluang munculnya stigma negatif kepada penderita dan mengarah ke diskriminasi
  6. Citra perusahaan baik dimata internal maupun eksternal 
Baca Juga:  Aktivitas Fisik

Gejala Tuberkulosis yang Perlu Anda Perhatikan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk berperan mengatasi TBC di tempat kerja, namun sebelumnya perusahaan dan pekerja harus mempelajari terlebih dahulu gejala dari orang yang menderita atau terkena TBC. Gejala aktif yakni: 

  • Batuk yang terkadang disertai darah atau dahak
  • Batuk selama 3 minggu atau lebih 
  • Nyeri pada dada 
  • Penurunan berat badan 
  • Lemas
  • Keringat Malam 
  • dan Demam 

Tapi tenang saja, semakin cepat dan akurat diagnosis TBC pada seseorang serta dibantu dengan mengonsumsi obat maka penyakit ini dapat disembuhkan. Selain itu pencegahan perlu dilakukan, di mana peran perusahaan sangat penting di sini.

 

Langkah Antisipasi Penyebaran Tuberkulosis di Lingkungan Kerja

Selama pekerja terus menjalani perawatan, Kolega Prodia juga memiliki tanggung jawab untuk:

  • Terus memastikan kesehatan dan keselamatan tempat kerja dan pekerja secara keseluruhan
  • Menerapkan langkah-langkah untuk mendukung pekerja dengan TBC agar tetap sehat dan tidak menular
  • Perlakukan mereka dengan adil dan empati saat mereka menjalankan tanggung jawab pekerjaan mereka di tempat kerja
Baca Juga:  Kaitan Big Data dalam Medical Check-Up

Berikut adalah beberapa cara agar pengusaha dapat mendukung pekerja mereka dengan TBC di tempat kerja

  • Mengadakan pembicaraan kesehatan dan lokakarya tentang manajemen TBC di tempat kerja sebagai bagian dari prakarsa kesehatan di tempat kerja yang bertujuan mendidik, membangkitkan kesadaran, dan mengatasi masalah pekerja
  • Membuat akomodasi yang wajar dalam jadwal kerja mereka, jika perlu, untuk memungkinkan pekerja dengan TB pergi berobat setiap hari, seperti memberikan waktu istirahat atau mengubah waktu mulai/berakhir mereka
  • Jaga kerahasiaan pekerja yang terkena dampak dan batasi informasi tersebut hanya untuk otoritas kesehatan dan pihak terkait (misalnya, atasan langsungnya untuk tujuan penjadwalan kerja)

Perlu digaris bawahi bagi perusahaan, bahwa penyebaran TBC dari satu orang ke orang lain paling berpeluang ditemui pada orang-orang yang menghabiskan waktu bersama setiap hari, seperti teman kerja dan keluarga. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan TBC menjadi rancangan penting untuk kesehatan dan kesejahteraan pekerja. 

 

Kesimpulan

Jika perusahaan Anda mengalami kesulitan dalam pelayanan kesehatan di tempat kerja, Prodia OHI menawarkan layanan yang akan membantu perusahaan Anda tetap aman dan nyaman dalam antisipasi TBC di perusahaan. Layanan Medical Check Up dari Prodia OHI akan menjawab kebutuhan awal Anda untuk mendeteksi dini riwayat penyakit yang mungkin dimiliki calon pekerja. 

Baca Juga:  Kanker Serviks

Karena bakteri TB bertahan cukup lama di udara, maka diperlukan ruangan yang memiliki udara yang baik. Prodia OHI juga memberikan layanan terkait siklus udara yang sehat dalam lingkungan kerja dapat Anda sehingga dapat mengantisipasi kondisi TBC secara perseorangan pekerja maupun lingkungan.