Pentingnya Pencegahan Near Miss

pexels bhanu prasad pappuleti 13963338 - Pentingnya Pencegahan Near Miss

Apa Itu Near Miss dalam Kecelakaan Kerja?

Ketika kita membicarakan kecelakaan kerja, yang seringkali terlintas di pikiran adalah kecelakaan yang mengakibatkan cedera atau bahkan kematian. Namun, ada satu jenis kecelakaan lain yang sering terjadi namun seringkali diabaikan, yaitu near miss.

Near miss dapat didefinisikan sebagai suatu kejadian di mana seseorang hampir mengalami kecelakaan, namun beruntung berhasil terhindar dari cedera atau kematian. Near miss bisa terjadi dalam berbagai bentuk, seperti hampir tertimpa benda berat, hampir terpeleset, atau hampir tertabrak kendaraan.

 

Mengapa Mengidentifikasi Near Miss Penting?

Meskipun tidak ada cedera yang terjadi pada near miss, tetap saja kejadian ini tidak boleh dianggap sepele. Mengidentifikasi dan mencegah near miss memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan Kesadaran Pekerja. Dengan mengidentifikasi dan melaporkan near miss, pekerja akan lebih sadar akan bahaya dan risiko di lingkungan kerja. Hal ini juga dapat meningkatkan kewaspadaan mereka dalam menghindari kecelakaan yang sebenarnya.
  • Meningkatkan Kinerja Keselamatan. Mengumpulkan dan menganalisis data near miss dapat membantu perusahaan dalam memahami potensi bahaya dan kesalahan yang ada di tempat kerja. Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja keselamatan secara keseluruhan.
  • Meningkatkan Produktivitas. Dengan mencegah kecelakaan dan near miss, produktivitas pekerja dapat meningkat. Hal ini karena pekerja tidak perlu menghabiskan waktu untuk menghadapi kecelakaan atau mengalami cedera yang dapat mengganggu produktivitas mereka.
Baca Juga:  ERGONOMI

 

Bagaimana Cara Mengidentifikasi dan Mencegah Near Miss?

Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi dan mencegah near miss di tempat kerja:

  • Melakukan Inspeksi Rutin. Melakukan inspeksi rutin pada lingkungan kerja dapat membantu mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko. Hal ini dapat membantu menghindari terjadinya near miss dan kecelakaan yang sebenarnya.
  • Memberikan Pelatihan Keselamatan. Memberikan pelatihan keselamatan pada pekerja dapat membantu meningkatkan kesadaran mereka akan bahaya dan risiko di lingkungan kerja. Pelatihan ini juga dapat membantu pekerja dalam mengidentifikasi dan melaporkan near miss.
  • Melakukan Investigasi Near Miss. Setiap kali terjadi near miss, perlu dilakukan investigasi untuk mengetahui penyebabnya. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan di masa depan.

 

Pentingnya Pencegahan Near Miss

Near miss dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun tidak mengakibatkan cedera, near miss tetap memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja keselamatan di tempat kerja. Oleh karena itu, mengidentifikasi dan mencegah near miss harus menjadi prioritas bagi setiap perusahaan.

Baca Juga:  Pekerjaan Dapat Menyebabkan Stress

Perusahaan harus memastikan bahwa pekerja memiliki kesadaran akan bahaya dan risiko di lingkungan kerja, serta diberikan pelatihan keselamatan yang memadai. Inspeksi rutin dan investigasi near miss juga harus dilakukan secara teratur untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang lebih serius di masa depan.

Dengan mencegah near miss dan kecelakaan yang sebenarnya, bukan hanya keselamatan pekerja yang meningkat, tetapi juga produktivitas dan efisiensi kerja perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memberikan perhatian yang serius pada identifikasi dan pencegahan near miss dalam kecelakaan kerja.

***

Dengan memahami bahaya Near Miss, melakukan identifikasi dan juga melakukan evaluasi atas terjadinya Near Miss, maka Anda telah menjalankan fungsi promotif K3. Prodia OHI mendukung terlaksananya K3 dalam lingkungan kerja Anda. Bersama-sama wujudkan semangat #KerjaBersamaSehatBersama dengan mengikuti berbagai informasi kesehatan kerja di Prodia OHI.

 

Sumber: t.ly/NaCZ t.ly/U-ET