Rekomendasi Latihan Fisik dan Kebugaran Bagi Pasien Pasca Stroke

Selasa, Oktober 28th, 2014

exerciseKaryawan pasca stroke sering mengalami kekhawatiran terhadap kemampuan dan keamanan dirinya saat kembali bekerja di tempat semula. American Heart Association/American Stroke Association merekomendasikan teknik pemulihan berupa  Mobilisasi Dini (dalam waktu 24 jam setelah stroke, dan secara berkala sesudahnya) yang dapat menghasilkan kemampuan berjalan dan meningkatkan pemulihan fungsional lebih dini. Setelah pasien stabil secara medis, tujuan berikutnya adalah untuk memulai program latihan aktivitas fisik yang dirancang untuk mendapatkan kembali atau melebihi tingkat sebelum terkena stroke.

Implementasi program memerlukan perencanaan yang matang dan multidisiplin. Pencapaian yang optimal dan aman guna mendukung produktivitas karyawan dan perushaan memerlukan dukungan dari bagian manajemen, operasional/produksi, dan K3 perusahaan serta konsultasi yang komprehensif dengan dokter spesialis jantung-pembuluh darah, spesialis rehabilitasi medis dan spesialis okupasi. (IS)

Sumber:

American Heart Association/American Stroke Association. Physical Activity and Exercise Recommendations for Stroke Survivors. Stroke, May 20, 2014. Cited from: http://stroke.ahajournals.org/content/early/2014/05/20/STR.0000000000000022

Trackback from your site.