Penggunaan Back Support untuk Pencegahan Low Back Pain pada Pekerja

Rabu, Maret 11th, 2015

Oleh :

Raymos P Hutapea, Indah S Widyahening

 

ABSTRAK

 

Latar belakang: Penggunaan back support untuk pencegahan low back pain pada pekerja manual handling banyak dianjurkan, walaupun belum dapat dibuktikan efektivitasnya.

Tujuan: Memperoleh bukti apakah back support dapat digunakan untuk pencegahan low back pain pada pekerja.

Metode : Pencarian artikel dengan mempergunakan PubMed dan Google scholar serta kriteria inklusi  dan eksklusi yang telah ditentukan sebelumnya.  Artikel yang ditemukan kemudian dilakukan telaah dengan mempergunakan kriteria penilaian validitas, besarnya manfaat dan kemampu-terapan.

Hasil : Hasil pencarian didapatkan sebanyak 16 artikel dari PubMed dan 10 artikel dari Google scholar.  Hanya 1 artikel “systematic review” yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi.  Artikel ini selanjutnya dilakukan telaah artikel berdasarkan tinjauan sistematis dengan hasil baik dan dapat dipercaya.

Kesimpulan : Belum diketemukannya bukti yang cukup tentang efektivitas penggunaan back support dalam pencegahan low back pain pada pekerja. Penggunaan back support untuk pencegahan low Back Pain pada pekerja dengan manual handling, masih belum bisa dibuktikan efektivitasnya.

Anjuran Bacaan Lanjutan:

  1. Back Belt, Do They Prevent Injury? http://www.cdc.gov/niosh/docs/94-127/
  2. Summary of NIOSH Back Belt Studies: Ergonomics and Musculoskeletal Disorder http://www.cdc.gov/niosh/topics/ergonomics/beltsumm.html

Trackback from your site.