Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Selasa, November 1st, 2016

Kesehatan Mental di Tempat Kerja

 

Pada tahun 2016 ini, “Stress di Tempat Kerja: Sebuah Tantangan Bersama”, menjadi tema kampanye Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dunia yang jatuh setiap bulan Oktober. Kampanye ini diharapkan dapat menarik perhatian dan tren global saat ini pada stres yang berhubungan dengan pekerjaan dan dampaknya.

Tak bisa dihindari, banyak pekerja menghadapi tekanan lebih besar untuk memenuhi tuntutan kehidupan kerja modern. risiko psikososial seperti meningkatnya persaingan, harapan yang lebih tinggi pada kinerja dan jam kerja lebih lama berkontribusi menyebabkan stress di lingkungan tempat kerja. Dengan kecepatan kerja ditentukan oleh komunikasi instan dan persaingan global, garis yang memisahkan pekerjaan dari kehidupan menjadi lebih dan lebih sulit untuk diidentifikasi.

Selain itu, pekerja saat ini juga mengalami perubahan organisasi dan restrukturisasi, menyebabkan kurangnya kesempatan kerja, meningkatkan pekerja tidak tetap, sehingga semakin besar ketakutan untuk kehilangan pekerjaan, PHK besar-besaran dan pengangguran dan stabilitas keuangan yang menurun. Hal ini menyebabkan konsekuensi serius terhadap kesehatan dan kesejahteraan mental mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian global meningkat terhadap dampak risiko psikososial dan stres yang berhubungan dengan pekerjaan di kalangan peneliti, praktisi dan pembuat kebijakan. Pekerjaan yang berhubungan dengan stres sekarang umumnya diakui sebagai isu global yang mempengaruhi semua negara, semua profesi dan semua pekerja baik di negara maju maupun berkembang. Dalam konteks yang kompleks ini, tempat kerja adalah, pada saat yang sama sumber penting dari risiko psikososial sekaligus tempat yang ideal untuk mengkampanyekan pentingnya  melindungi kesehatan dan kesejahteraan pekerja.

 

Prodia Occupational Health Center (OHI), Sebagai salah satu provider kesehatan terkemuka di Indonesia yang fokus pada Okupasi (Kesehatan Kerja) Klinis, memiliki program Mental Health Screening dan Mental Health Promotion yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga kesehatan mental seperti layaknya kesehatan fisik.

Mental Health Screening dan Mental Health Promotion adalah program identifikasi faktor risiko psikososial & skrining kesehatan mental serta promosi yang bersifat komprehensif dan terintegrasi dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan berkala/tahunan, dikerjakan oleh Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa (Psikiater) dan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi.

Asesmen faktor resiko psikososial di tempat kerja memiliki dampak yang besar bagin perusahaan dan pekerja diantaranya meningkatkan performa dan produktivitas kerja, mengurangi angka terjadinya kecelakaan kerja, mengurangi angka ketidakhadiran karena sakit dan pada akhirnya akan menurunkan biaya kesehatan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Marketing Departement

Prodia OHI

Jln. Kramat VI no. 18 Jakarta 10430

Telp. (021) 3192 4388

Email:

marketing@prodiaohi.co.id

Trackback from your site.