Jantung anda, Hidup Anda

Selasa, Agustus 23rd, 2016

Oleh : dr. Laila Aidi

Waspada!!

Nyeri dada, cepat lelah, sesak nafas disertai jantung berdebar-debar merupakan gejala penyakit jantung

Mengapa Perlu Check-Up?

Seorang wanita berusia 34 tahun sedang berada di kantor saat ia mengeluh nyeri dada dan kehilangan kesadaran tidka lama setelahnya. Ia pun harus dirawat karena serangan jantung. Rekan kerja, atasan dan keluarga terheran heran mengapa usia muda bisa terkena serangan jantung. Akhirnya ia harus menjalani kateterisasi yang membutuhkan biaya besar dan absen dari kantor untuk sementara waktu.

Seorang pria berusia 40 tahun terkena stroke dan kejang setelah pulang dari kantor. Beruntung Ia ditemukan segera dan cepat mendapat pertolongan di Unit Stroke di rumah sakit. Pasien ini kembali pulih namun harus terus menjalani fisioterapi hingga fungsi motoriknya kembali.

llustrasi di atas adalah gambaran bahwa siapa saja bisa terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, tanpa memandang : usia, janis kelamin, apakah sering berolah raga, yang tampaknya disiplin dengan pola hidupnya, yang belia, yang tidak gemuk, yang tidak pernah merasa ada gangguan apapun dalam hidupnya, bahkan terheran-heran rasanya, tidak mungkin, dan sebagainya. Banyak yang harus menerima kenyataan tersebut pada usia yang muda, saat kariernya cemerlang, saat menjadi tulang punggung keluarga, tulang punggung roda usahanya, ternyata harus istirahat panjang di rumah sakit, hilang kesempatan berkarier, dan harus minum obat banyak terus menerus padahal dia sangat sibuk. Bahkan sekarang malah menjadi beban bagi keluarganya.

Faktor risiko

Hal di atas dapat terjadi karena kita tidak menyadari faklor-faklor risiko yang ada pada diri kita, dan akhirnya faktor risiko tersebut menyebabkan timbulnya penyakit. Apa saja faktor risiko yang dikenal? Di antaranya adalah

  • Usia di atas  35 tahun
  • Jenis kelamin
  • Riwayat penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol, trigliserida, asam urat
  • Kebiasaan merokok & Alkohol
  • Pola hidup yang kurang baik, sering tidur larut malam/kurang istirahat, stress
  • Kurang olah raga
  • Kegemukan atau obesitas
  • Riwayat keluarga atau genetik
  • Kelainan darah/pembuluh darah

Faktor risiko tersebut ada yang bisa dimodifikas/diperbaiki dan ada yang tidak bisa dimodifikas/diperbaiki. Hal-hal seperti usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, genetik, tentu saja tidak dapat dimodifikasi.

Oleh sebab itu sebaiknya kita waspada dengan antisipasi untuk menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan dini untuk menghindari munculnya penyakit.

Pemeriksaan dini juga bermanfaat untuk mengenali lebih dini hal hal seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, trigliserida, asam urat, pola hidup, dll. Hal hal yang tidak baik terhadap tubuh seperti merokok dan pola kebiasaan merokok & alkohol pola hidup yang kurang baik, sering tidur larut malam/kurang istirahat, stress, kurang olah raga, kegemukan atau obesitas juga sebaiknya dihindari.

Sering kita tidak menyadari faktor tersebut sudah bersemayam di dalam tubuh, karena tidak semua membuat gejala yang tampak. Serangan jantung dan penyakit jantung tidak salalu disertai gejala. Berbeda dengan pilek, batuk yang langsung memberikan gejala, faklor risiko di atas sering tidak memberikan gejala, jadi kita tidak menyadarinya, merasa sehat-sehat saja, tetapi sebenarnya di dalam tubuh sudah banyak faklor risiko yang berkembang.

Medical Check-Up untuk Jantung

Itulah pentingnya kita melakukan pemeriksaan dini atau Medical Check-up, agar dapat mengetahui faktor risiko apa saja yang ada di tubuh kita, agar cepat dapat diketahui dan ditangani. Medical Check-Up juga dapat membantu mengenali lebih dini penyakit yang tidak memberikan gejala, sehingga dapat di intervensi sedini mungkin. Intervensi dini bermanfaat selain mencegh keparahan, juga berbiaya lebih murah, tidak menyebabkan habis waktu yang lama untuk pengobatan.

Dengan melaksanakan Medical Check Up secara berkala, minimal satu tahun sekali, kesehatan kita akan dapat termonitor dengan baik. Dengan kesehatan yang baik, semua kesibukan dan acara penting yang telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, akan dapat berlangsung dengan sukses.

Jadi, sebaiknya jangan tunda untuk melakukan check-up, sayangi hidup dan karier Anda. Hanya kita yang dapat menjaga diri kita sendiri.

Prodia OHI International

Di Prodia Occupational Health Institute (OHI) International, berbagai jenis pelayanan untuk pemeriksaan kesehatan yang sangat lengkap sesuai kebutuhan perusahaan dan pekerja anda, telah kami siapkan. Klien kami diperiksa oleh Tim medis yang terdiri dari Dokter Ahli di bidang kesehatan kerja (Occupational Health) dan Dokter-Dokter Ahli lain yang ditunjang dengan peralatan- peralatan laboratorium dan diagnostik yang mutakhir.

Untuk mengadakan pelayanan kesehatan karyawan yang lebih mudah, dengan besar biaya yang terjangkau, dan dengan tetap memperhatikan mutu pelayanan, kami akan memberikan pelayanan yang komprehensif, terintegrasi dan holistik sesuai dengan kebutuhan anda dan perusahaan anda.

Dunia kerja adalah tempat dimana anda menghambiskan hampir sepertiga waktu anda setiap hari. Itulah sebabnya kami mengajak anda semua untuk peduli dan menyayangi jantung anda sebagai sebuah bagian tak terpisahkan. Prodia Occupational health Institute: “For Holistic and Comprehensive Occupational Health Solution” adalah solusi tepat dan kami siap melayani Anda.

Trackback from your site.