Ergonomi Perkantoran

Selasa, Agustus 25th, 2015

Oleh :

dr. Indah

Ergonomi berasal dari kata Yunani, Ergos berarti kerja dan Nomos yang berarti aturan. Jadi ergonomi adalah suatu aturan atau norma yang terdapat dalam sistem kerja. Ergonomi diperlukan karena setiap aktivitas atau pekerjaan yang tidak dilakukan secara ergonomi akan berakibat tidak nyaman, biaya operasional tinggi, kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja meningkat. Akibatnya perfomansi  kerja menurun sehingga menyebabkan penurunan efisiensi dan daya kerja.

Manajemen ergonomi dapat diterapkan pada perkantoran untuk mencegah terjadinya berbagai keluhan kesehatan. Keluhan-keluhan yang sering muncul berkaitan dengan posisi kerja di kantor yang tidak ergonomi antara lain :

  1. Sakit kepala
  2. Mata kering dan terasa pegal (Dry eyes, asthenopia)
  3. Nyeri leher, neck stiffnes
  4. Spasme otot bahu, frozen shoulder
  5. Carpal Tunnel Syndrome; kesemutan, baal atau nyeri pada pergelangan tangan sampai dengan jari-jari tangan
  6. Sakit pinggang dan punggung bawah; Low back pain

Panduan bekerja di kantor secara ergonomi:
a. Posisi ergonomi menggunakan keyboard

Pekerja kantor yang menggunakan keyboard harus menjaga pergelangan tangan pada posisi yang benar, yaitu, antara tangan dengan bahu harus lurus. Tangan boleh lebih rendah daripada bahu, pergelangan tangan tidak boleh menggantung, keyboard harus diletakkan lebih rendah, serta tangan dijaga supaya lebih rendah dari siku. Lebih baik mempergunakan penyangga pergelangan tangan untuk menopang pergelangan tangan.

 

Gambar Posisi tangan yang benar pada keyboard

  • Beristirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan menekuk dan meluruskan pergelangan tangan
  • Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan pergelangan tangan
  • Jangan menempatkan keyboard pada posisi lebih tinggi atau lebih rendah daripada siku tangan
  • Duduklah dengan tegak
  • Jagalah agar tangan selalu hangat

b. Ergonomi tubuh yang tepat dalam mengoperasikan komputer

Cara duduk yang benar dan baik serta posisi tangan pada saat menggunakan keyboard atau mouse harus sesuai.

  • Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm
  • Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horizontal pandangan mata
  • Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor

  • Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat begitu juga kaki
  • Atur bangku sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika menggunakan keyboard
  • Jangan menggunakan komputer tanpa henti lebih dari 2 jam. Usahakan untuk berdiri, dan melakukan peregangan pada bagian leher, bahu, tangan dan punggung. Berjalanlah sebentar secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan
  • Gunakan penyangga kaki bila diperlukan
  • Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung
  • Luangkan waktu setiap 20 menit untuk mengalihkan pandangan dari monitor dan melihat jauh, bisa melihat pepohonan atau lingkungan luar, atau beranjak dari tempat anda menggunakan komputer

Trackback from your site.